Cara Membuat Barcode Sendiri Paling Mudah

Jika Anda sedang berbelanja suatu produk, cobalah untuk melihat kemasannya apakah terdapat barcode atau tidak. Kebanyakan produk tentunya memiliki barcode tersendiri. Barcode memang menjadi salah satu kata yang paling sering kita temui ya.

Namun Apakah Anda mengetahui apa itu barcode? Apa fungsi dan bagaimana cara membuat barcode sendiri? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, marilah simak pembahasan di bawah ini ya. 

Cara Membuat Barcode Sendiri Paling Mudah

Apa itu Barcode ?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat barcode sendiri, mari kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan barcode.

Kata barcode memang sering kita dengar, maka dari itu barcode seakan sudah tidak asing lagi bagi kita dan bahkan tidak bisa dipisahkan dari suatu produk.

Barcode sendiri merupakan kumpulan kode-kode, kode dari barcode sendiri berbentuk garis dengan ketebalan yang berbeda.

Ketebalan dari garis-garis tersebut disesuaikan dengan karakter yang diwakilkan garis.

Biasanya barcode ini bisa dengan mudah kita temui di suatu kemasan produk dengan agar produk bisa teridentifikasi, atau bisa juga barcode ditempelkan pada label untuk selanjutnya ditempelkan di suatu produk untuk mewakili produk tersebut. 

Tentu barcode ini tidak bisa Anda baca tanpa perlu alat, maka dari itu kita harus menggunakan suatu alat yang bernama barcode scanner.

Alat ini berguna untuk menerjemahkan kode-kode yang ada di barcode ke berbagai karakter yang bisa dengan mudah kita kenali.

Namun, semakin berkembangnya teknologi, kini untuk menerjemahkan barcode Anda tidak perlu menggunakan alat barcode scanner lagi.

Karena sudah banyak aplikasi barcode scanner baik di iOS ataupun Android yang memudahkan Anda untuk membaca barcode hanya dengan menggunakan kamera di smartphone (ponsel pintar).

Cara Membuat Barcode Sendiri

Jika Anda selama ini bertanya-tanya, bagaimanakan cara untuk membuat barcode? Maka disini Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat barcode sendiri di HP atau smartphone. Mari simak cara-cara di bawah ini.

  1. Terlebih dahulu Anda perlu mengunduh aplikasi yang bernama Barcode Generator. Aplikasi ini dipilih karena interface yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Ukuran yang kecil dan memiliki rating yang paling tinggi diantara aplikasi pembuatan barcode lainnya.
  2. Setelah Anda selesai mengunduh aplikasi, cobalah untuk membuka aplikasi, Anda bisa klik tanda + lingkaran merah, dan klik add code.
  3. Pilihlah jenis barcode yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda dapat memasukan berbagai informasi yang nantinya akan dimasukan ke dalam barcode.
  4. Selanjutnya gambar barcode pun sudah jadi, Anda dapat menyimpannya dalam bentuk png atau jpg. Jika Anda inginkan, bisa share juga barcode yang sudah jadi ke berbagai social media seperti Line, Facebook, WhatsApp dan lain sebagainya.

Ternyata jenis barcode ada banyak sekali ya, namun memang hanya ada beberapa jenis saja yang paling sering digunakan.

Anda juga sudah mengetahui bagaimana cara membuat barcode sendiri hanya dengan menggunakan HP yang pastinya sangat mudah untuk diikuti. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Leave a Comment